Morula IVF Surabaya
When dreams come true...

Lastest articles

IMSI: Harapan Baru Bagi Pasangan yang Ingin Menimang Buah Hati

 

Adalah salah satu teknologi termutakhir untuk meningkatkan peluang keberhasilan program bayi tabung. Intracytoplasmic Morphologically Selected Sperm Injection (IMSI) merupakan teknik dalam program bayi tabung yang digunakan untuk menyeleksi sperma terbaik berdasar morfologi atau bentukan luarnya.

 

 


Teknik IMSI dapat memilih sperma dengan  pembesaran  mikroskop  hingga 6.000  kali. Lebih canggih apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu teknik Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI) yang hanya dapat memilih sperma dengan pembesaran mikroskop 200 kali. Dengan keunggulan yang dimiliki, maka teknik IMSI dapat memilih sperma secara lebih akurat dan teliti.

Teknik IMSI pertama kali dikembangkan pada tahun 2002 oleh tim yang diketuai Profesor Benyamin Bartoov dari Male Fertility Laboratory, Bar-Ilan University, Israel. Bartoov dan timnya melakukan penelitian menggunakan mikroskop super canggih untuk menyeleksi bentuk dan karakteristik sperma.

Bartoov melakukan penelitian berdasarkan adanya dugaan bahwa ketidaknormalan bentuk sperma tidak dapat terdeteksi melalui teknologi ICSI, yang merupakan salah satu penyebab rendahnya capaian angka kehamilan pada program bayi tabung. Hasil penelitiannya yang diterbitkan oleh Asian Journal of Andrology pada tahun 2013 menunjukkan bahwa sebanyak 66% pasangan dengan teknologi IMSI berhasil hamil, sedangkan pasangan yang menggunakan teknologi ICSI hanya 33% saja yang berhasil hamil.

Teknik IMSI sudah banyak dipakai di negara-negara maju di dunia. Di Indonesia, teknik ini tergolong teknologi baru dan masih diterapkan di beberapa klinik fertilitas yang ada. Teknik IMSI menjadi harapan baru bagi pasangan suami-istri yang ingin menimang buah hati.