Morula IVF Surabaya
When dreams come true...

Lastest articles

5 FAKTA TENTANG ENDOMETRIOSIS

Endometriosis merupakan salah satu penyakit pada perempuan yang disebabkan karena pertumbuhan jaringan endometrium (rahim) yang tumbuh di tempat yang tidak semestinya, seperti pada indung telur atau tuba falopi. Hakikatnya endometrium merupakan jaringan yang melapisi rongga rahim dan secara berkala akan dikeluarkan oleh tubuh secara alami melalui darah haid.

Gejala umum endometriosis adalah nyeri panggul dan sulit mendapatkan keturunan. Gejala lainnya berupa nyeri pada saat menstruasi, nyeri pada saat berhubungan intim, dan nyeri pada saat buang air kecil maupun buang air besar.

Berikut adalah lima fakta tentang endometriosis:

  1. Satu dari sepuluh perempuan usia subur menderita endometriosis
    Berdasarkan data yang telah dirilis oleh The American College of Obstetrician and Gynaecology (ACOG), satu dari sepuluh perempuan di dunia menderita endometriosis. Kejadian endometriosis ini seringkali baru diketahui pada usia antara 30 hingga 40 tahun.

  2. Endometriosis mempengaruhi kesuburan perempuan
    Endometriosis sangat berpotensi menyebabkan permasalahan kesuburan. Sekitar 25-50% dari perempuan dengan masalah kesuburan didiagnosis menderita endometriosis, dan sekitar 30-50% perempuan dengan endometriosis mengalami masalah kesuburan (World Endometriosis Research Foundation). Peradangan endometriosis dapat merusak atau mengganggu sperma ataupun sel telur.

  3. Perempuan dengan endometriosis bisa hamil
    Dengan bantuan medis dan treatment yang benar, perempuan penderita endometriosis tetap bisa hamil walaupun harus menjalani proses yang kompleks  karena terjadinya gangguan pembuahan.

  4. Dokter dapat menentukan keadaan perempuan penderita endometriosis dengan tindakan laparoskopi
    Laparoskopi dilakukan untuk memeriksa kondisi organ dalam rahim dengan prosedur memasukkan alat semacam tabung melalui sayatan kecil. Pasien yang dideteksi menderita endometriosis tidak dianjurkan untuk menunda kehamilan karena kesuburan akan terus menurun sehingga potensi hamil akan menurun pula seiring dengan waktu penundaan kehamilan.

  5. Merupakan jenis penyakit “musuh dalam selimut”
    Hal ini dikaitkan dengan banyaknya perempuan yang tidak memahami tentang bagaimana penyakit endometriosis, apa saja penyebabnya, dan bagaimana penangannya. Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter khusus yang menangani masalah kesehatan reproduksi merupakan salah satu solusi.

Gambaran USG Penderita pada Pasien Endometriosis