Morula IVF Surabaya
When dreams come true...

Lastest articles

Analisa Sperma

Apa itu Analisa Sperma?

Analisa Sperma merupakan sebuah pemeriksaan laboratorium yang bertujuan untuk menganalisis jumlah dan kualitas semen atau air mani yang dihasilkan seorang pria. Pemeriksaan ini merupakan langkah pertama yang dilakukan untuk mengetahui masalah kesuburan (infertilitas) pada pria. Lebih dari sepertiga pasangan yang tidak memiliki anak (infertil) memiliki masalah pada faktor sperma.

 

Kapan melakukan Analisa Sperma?

Analisa Sperma dilakukan setelah pasangan suami-istri menghindari aktivitas seksual yang menghasilkan ejakulasi antara dua sampai lima hari. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar sperma berada pada konsisi optimal.

 

Bagaimana Melakukan Analisa Sperma?

Cara paling umum yang dilakukan untuk pengambilan sampel pada analisa sperma adalah dengan cara masturbasi. Air mani yang keluar ditampung pada tabung sampel yang telah disediakan di laboratorium.

Perbandingan Sperma Normal dan Abnormal

 

Apa yang Dinilai dari Analisa Sperma?

Beberapa indikator yang dinilai pada saat melakukan analisa sperma adalah volum air mani dalam satu kali ejakulasi, waktu yang dibutuhkan air mani untuk menjadi cair, jumlah sperma per milliliter air mani dalam satu kali ejakulasi, persentase sperma yang memiliki morfologi (bentukan) normal, persentase motilitas (pergerakan) sperma, ukuran keasaman (pH) air mani, jumlah sel darah putih yang ditemukan dalam air mani, dan tingkat fruktosa (zat gula) dalam air mani.

Morfologi (bentukan) Sperma

 

Yuk Simak Beberapa Kelainan pada Sperma yang Harus Kita Ketahui

• Teratozoospermia (bentuk sperma abnormal), yaitu terdapat sejumlah sperma dengan bentukan abnormal.

• Oligozoospermia (jumlah sperma sedikit), yaitu cairan semen atau air mani tidak mengandung jumlah sperma yang cukup untuk melakukan konsepsi.

• Asthenozoospermia (gangguan pergerakan), yaitu terdapat gangguan pergerakan pada sperma.

• Azoospermia (tidak terdapat sperma), yaitu tidak adanya sperma pada cairan semen atau air mani yang dikeluarkan.