Morula IVF Surabaya
When dreams come true...

Lastest articles

Analisa Sperma

Post on 15 December 2017

Semen analysis merupakan sebuah pemeriksaan laboratorium yang bertujuan untuk menganalisis berapa banyak air mani(semen) yang dihasilkan seorang pria serta menunjukkan jumlah dan kualitas sperma dalam air mani.Pemeriksaan ini merupakansalah satu langkah pemeriksaan pertama yang dilakukan untuk mengetahui apakah seorang pria memiliki masalah kesuburan(infertilitas). Lebih dari sepertiga pasangan yang tidak memiliki anak (infertil)memiliki masalah pada faktor sperma.

Persiapan

Anda akandiminta untuk menghindari aktivitas seksual yang menghasilkan ejakulasi selama2 sampai 5 hari sebelum pengambilan sampel. Hal ini membantu untuk memastikan bahwa jumlah sperma Anda akan berada pada tingkat tertinggi. Jika memungkinkan, jangan menghindari aktivitas seksual selama lebih dari 1 sampai 2 minggu sebelum pengambilan sampel.Jangka waktu yang terlalulama tanpa aktivitas seksual dapat menyebabkan pergerakan sperma kurang aktif.

Pengambilan Sampel

Anda akan diminta untuk memberikan sampel air mani. Hal ini biasanya dilakukan dengan ejakulasi ke dalam tabung sampel bersih yang disediakan. Anda dapat melakukan pengambilan sampel di ruang pribadi yang umumnya disediakan laboratorium atau rumah sakit. Jika Anda tinggal dekat dengan laboratorium yang melakukan pemeriksaan, Anda dapat mengumpulkan sampel air mani di rumah, namun sampel harus segera diantarkan ke laboratorium segera setelah ejakulasi. Jauhkan sampel dari sinar matahari langsung. Selama membawa sampel air mani, jaga agar wadah berada sedekat mungkin dengan tubuh Anda agar sampel berada pada suhu yang mendekati suhu tubuh normal. Jangan mendinginkan sampel air mani

  • Cara yang paling umum untuk melakukan pengambilan sampel air mani adalah dengan masturbasi. Tidak disarankan untuk menggunakan pelumas pada proses pengambilan sampel karena akan mempengaruhi hasil pemeriksaan.
  • Jika metode ini berlawanan dengan keyakinan Anda, sampaikan kepada dokter Anda agar dapat didiskusikan cara-cara yang berbeda untuk mendapatkan sampel.
  • Sampel air mani dapat bervariasi dari hari ke hari, jika diperlukan dua atau tiga sampel yang berbeda dapat diperiksa dalam jangka waktu 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.
  • Analisis air mani yang bertujuan untuk menilai seberapa baik vasektomi, dilakukan 6 minggu setelah tindakan vasektomi.

 

Source : www.morulaivf.co.id